Kamis, 14 April 2011

SENSUS PENDUDUK


PENGERTIAN SENSUS
Sensus  penduduk  adalah  pencatatan  total  tentang  penduduk yang  dilakukan  olah  Badan  Pusat  Statistik  dengan  tujuan  untuk mengetahui  jumlah,  komposisi,  dan  karakteristik  penduduk  yang dilaksanakan  setiap  sepuluh  tahun  sekali (SAMARDI (41:2009).
Sensus  penduduk  adalah  suatu  metode  menjaring  data  penduduk  dengan  cara mengadakan penghitungan langsung ke lapangan. Dengan cara ini, banyak data lain yang bisa didapat selain jumlah penduduk, seperti tingkat kemakmuran dan kesehatan. Kedua hal tersebut dapat dilihat dengan kasat mata walaupun tanpa menanyakan secara langsung (YOSEPANA SANDRA (49:2009).
Sensus  penduduk  adalah  keseluruhan  proses  pengumpulan, penyusunan,  pengolahan,  dan  penerbitan  data  yang  bersifat demografis,  ekonomis,  dan  sosial  dari  suatu  wilayah  atau  negara tertentu dan dalam waktu tertentu (ANJAYANI ENI (54 : 2009).
PENGERTIAN REGISTRASI PENDUDUK
Registrasi penduduk merupakan pencatatan yang terus menerus mengenai  kejadian  vital  yang  dialami  penduduk  berupa  kelahiran, kematian,  dan  perpindahan. (ANJAYANI ENI (55:200)).
Registrasi penduduk merupakan kumpulan berbagai keterangan dari kejadian penting yang dialami oleh manusia, seperti data perkawinan, perceraian, perpindahan penduduk, dan kejadian-kejadian penting lainnya yang tertulis (YOSEPANA SANDRA (50 : 2009)).
Registrasi penduduk ialah pencatatan tentang identitas atau ciri-ciri,  status,  dan  kondisi  penduduk  yang  dilaksanakan  secara  terus-menerus  oleh  pemerintah  mulai  tingkat  terendah  yaitu  desa  atau kelurahan. Dari data hasil registrasi akan didapat laporan monografi desa tentang kependudukan secara kontinu yang berisi data tentang kelahiran  penduduk,  kematian,  perkawinan,  perceraian,  dan perpindahan  penduduk (SAMARDI (41 : 2009)).
JENIS-JENIS SENSUS
Berdasarkan metode pengisiannya, sensus dibedakan menjadi:
a.           Metode  Canvasser,  yaitu  pelaksanaan  sensus  di  mana  petugas mendatangi  tempat  tinggal  penduduk  dan  mengisi  daftar pertanyaan.  Keunggulan  metode  ini,  data  yang  diperoleh  lebih terjamin kelengkapannya dan penduduk sulit untuk memalsukan data.  Sedangkan  kekurangannya  adalah  waktu  yang  diperlukan lebih lama karena jumlah petugas yang terbatas dan wilayah yang luas.
b.           Metode Householder, yaitu pelaksanaan sensus di mana pengisian daftar  pertanyaan  dilakukan  oleh  penduduk  sendiri.  Kelebihan cara ini adalah waktu yang diperlukan lebih cepat karena petugas tidak harus mendata satu per satu penduduk. Daftar pertanyaan dapat  dikirimkan  atau  dititipkan  pada  aparat  desa.  Sedangkan kekurangannya  adalah  data  yang  diperoleh  kurang  terjamin kebenarannya karena ada kemungkinan penduduk tidak mengisi data sesuai dengan kondisi sebenarnya.
Sensus penduduk dibedakan menjadi dua macam berdasarkan pada  status  tempat  tinggal  penduduk  yaitu  sebagai  berikut.
1)       Sensus  de  facto  ialah  penghitungan  penduduk  atau  pencacahan jiwa  yang  dikenakan  pada  setiap  orang  yang  pada  waktu diadakan pencacahan berada di dalam negara atau daerah yang bersangkutan.
2)       Sensus  de  yure  ialah  penghitungan  penduduk  atau  pencacahan jiwa yang hanya dikenakan kepada penduduk yang benar-benar berdiam atau bertempat tinggal di negara bersangkutan atau di daerah  itu  atau  berdasarkan  pada  tempat  tinggal  yang  tetap.


SURVEI
Survei adalah salah satu metode menjaring data penduduk dalam beberapa peristiwa demografi atau ekonomi dengan tidak menghitung seluruh responden yang ada di suatu negara, melainkan dengan cara penarikan sampel (contoh daerah) sebagai kawasan yang bisa  mewakili  karakteristik  negara  tersebut.  Sudah  barang  tentu  sebelum  menetapkan kawasan sampel itu, ditentukan dulu kriteria apa saja yang bisa dijadikan syarat suatu wilayah  bisa  ditetapkan  sebagai  kawasan  sampel  survei.
Berdasarkan tipenya, survei demografi dapat dikelompokkan ke dalam tiga jenis,yaitu sebagai berikut.
1)     Survei bertahap tunggal (single round surveys) Survei ini adalah survei untuk menjaring data berbagai peristiwa demografi seperti kelahiran, kematian, dan migrasi dengan cara mengajukan pertanyaan kepada responden mengenai berbagai kejadian demografi yang dialami di masa lalu dalam periode tertentu.
2)     Survei bertahap ganda (multiround surveys) Survei  ini  dilakukan  oleh  petugas  pencacah  jiwa  di  lapangan  dengan  melakukan kunjungan kepada responden tertentu berulang-ulang untuk mencatat berbagai peristiwa demografi yang terjadi, seperti kelahiran, kematian, atau migrasi. Tentunya kunjungan itu dilakukan dalam kurun waktu tertentu, apakah per tahun, per dua tahun, per tiga tahun, dan seterusnya.
3)     Survei bertipe kombinasi, Survei  ini  dilakukan  dengan  cara  menggabungkan  cara  survei  tahap  tunggal  atau ganda dengan cara registrasi. Seperti yang diketahui, registrasi adalah proses pencatatan peristiwa demografi yang diambil dari beberapa peristiwa penting yang terjadi. Hasil dari registrasi ini kemudian digabungkan dan sekaligus dilakukan kros cek dengan hasil kedua jenis tipe survei di atas, yaitu survei tunggal dan ganda.

4 komentar:

  1. Lengkap makasih ya

    BalasHapus
  2. Thank banget ya,

    BalasHapus
  3. apa syarat suatu wilayah untuk menerapkan pendataan penduduk dengan metode householder

    BalasHapus